Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PAI diantarnya: peserta didik malas dalam mengerjakan tugas, tidak mau bertanya, tidak menjawab pertanyaan yang diberikan guru, kurang aktif dalam memecahkan suatu permasalahan atupun persoalan yang diberikan guru, tidak mencatat hal-hal penting yang disampaikan guru. Tidak aktif dalam berdiskusi, maka salah satu upaya dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah dengan menerapkan metode pembelajaran active debate. Dari pemrasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran active debate terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan disein the statistic group comparision:randomized control group only design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AKL sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan angket. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan independent sampel t-test kemudian dianalisis menggunakan bantuan software SPSS. Berdasarkan uji hipotesisi menggunakan uji independent sampel t-test. Hasil uji t, nilai signifikansi keaktifan belajar siswa senilai 0,030 yang lebih < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima dapat dismpulkan: terdapat pengaruh metode pembelajaran active debate terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI SMKN 1 Ampek Angkek.
Copyrights © 2025