Penelitian ini menyelidiki perolehan kosakata bahasa Inggris, topik yang diteliti dengan baik; namun, penelitian yang berfokus secara khusus pada Pembelajaran Taktil masih terbatas. Untuk mengisi kesenjangan ini, penelitian ini meneliti dampak pembelajaran taktil melalui kegiatan drama terhadap penguasaan kosakata siswa kelas delapan di SMPIT Khairunnas, Bengkulu. Tujuan utamanya adalah untuk menganalisis bagaimana elemen taktil dalam pembelajaran berbasis drama memengaruhi pengembangan kosakata bahasa Inggris siswa. Dengan menggunakan desain studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, Diskusi Kelompok Terfokus (FGD), dan dokumentasi observasi. Empat puluh siswa berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran taktil yang terintegrasi ke dalam kegiatan drama secara signifikan meningkatkan perolehan kosakata siswa. FGD dan data observasi juga mengungkapkan bahwa siswa lebih terlibat dan termotivasi selama pelajaran bahasa Inggris yang melibatkan metode taktil. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran taktil berbasis drama tidak hanya efektif dalam meningkatkan keterampilan kosakata tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan interaktif, yang mendukung hasil pembelajaran bahasa yang lebih baik.
Copyrights © 2025