JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pendekatan Stimulus Imajinasi Volunteer dalam Kegiatan Literasi Komunitas Book Clan Jakarta

Vira, Oksri (Unknown)
Mulyana, Ahmad (Unknown)
Jamil, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Rendahnya minat baca di Indonesia berdampak pada terbatasnya inovasi dalam kegiatan literasi, yang cenderung pasif dan hanya berfokus pada pemahaman literal teks tanpa melibatkan rangsangan imajinatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perancangan, implementasi, dan peran interaksi sosial dalam pendekatan stimulus imajinasi yang dilakukan oleh volunteer pada kegiatan literasi Komunitas Book Clan Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dimana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori konstruktivisme sosial Lev Vygotsky yang menekankan bahwa pembelajaran terjadi melalui interaksi sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan stimulus imajinasi dilakukan secara kolaboratif dengan mengedepankan kreativitas, sedangkan implementasinya berlangsung secara dinamis melalui aktivitas literasi yang mendorong daya imajinasi anggota. Interaksi sosial antara volunteer dan anggota komunitas berperan signifikan dalam memperkuat stimulus imajinasi sehingga menciptakan pengalaman literasi yang bermakna dan menyenangkan. Penelitian ini diharapkan memberikan pemahaman baru mengenai strategi perancangan kegiatan literasi yang kreatif dan imajinatif, serta berkontribusi dalam pengembangan pendekatan komunikasi kreatif di berbagai komunitas literasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...