Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis cerita inspiratif siswa kelas IX SMPK Wignya Mandala melalui media comic strip berbasis pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan rubrik penilaian tes. Subjek penelitian berjumlah delapan orang, terdiri atas empat siswa laki-laki dan empat siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I, semua siswa menggunakan comic strip yang sama tanpa mempertimbangkan kemampuan, dan hanya satu siswa (12,5%) mencapai KKM. Setelah refleksi dan perbaikan dengan penerapan pendekatan TaRL di siklus II, siswa dikelompokkan menjadi tiga tingkat kemampuan (dasar, menengah, mahir) dan diberikan comic strip sesuai tingkatannya. Hasilnya, seluruh siswa (100%) mencapai nilai di atas KKM, dengan rata-rata nilai meningkat dari 63,25 menjadi 85,12. Temuan ini menunjukkan bahwa media visual menarik yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa efektif meningkatkan keterampilan menulis, motivasi, serta partisipasi aktif siswa.
Copyrights © 2025