Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kecepatan menulis puisi peserta didik kelas VIII SMPK Wignya Mandala melalui penerapan strategi Tiga Kata. Strategi ini memberikan tiga kata sebagai stimulus awal untuk mendorong peserta didik menulis puisi secara kreatif dan efisien. Penelitian dilakukan dalam dua siklus menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode Discovery Learning pada siklus pertama dan pendekatan Individualized Instruction pada siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Tiga Kata efektif dalam meningkatkan kualitas puisi, ditandai dengan pemilihan diksi yang lebih imajinatif dan ekspresi yang lebih mendalam, serta peningkatan kecepatan menyusun puisi. Peserta didik menunjukkan motivasi yang lebih tinggi dan keterlibatan emosional dalam proses menulis. Dengan demikian, strategi ini terbukti mampu mengatasi hambatan dalam menulis puisi dan dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran sastra yang kreatif dan berpusat pada peserta didik.
Copyrights © 2025