JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peningkatan Kreativitas dan Kecepatan Menulis Puisi Melalui Strategi Tiga Kata Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMPK Wignya Mandala

Kinanti, Amelia Ayu (Unknown)
Anisa, Anisa (Unknown)
Sulistiyani, Theresia (Unknown)
Efendiy, Khoirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kecepatan menulis puisi peserta didik kelas VIII SMPK Wignya Mandala melalui penerapan strategi Tiga Kata. Strategi ini memberikan tiga kata sebagai stimulus awal untuk mendorong peserta didik menulis puisi secara kreatif dan efisien. Penelitian dilakukan dalam dua siklus menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode Discovery Learning pada siklus pertama dan pendekatan Individualized Instruction pada siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Tiga Kata efektif dalam meningkatkan kualitas puisi, ditandai dengan pemilihan diksi yang lebih imajinatif dan ekspresi yang lebih mendalam, serta peningkatan kecepatan menyusun puisi. Peserta didik menunjukkan motivasi yang lebih tinggi dan keterlibatan emosional dalam proses menulis. Dengan demikian, strategi ini terbukti mampu mengatasi hambatan dalam menulis puisi dan dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran sastra yang kreatif dan berpusat pada peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...