JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Komponen Kondisi Fisik Pemain Sepak Bola UNESA FC Berdasarkan Posisi Bermain Pada Masa Pra Kompetisi Liga 4 Jawa Timur Musim 2024 – 2025

Prayoga, Bagas Dwi (Unknown)
Bawono, Mokhammad Nur (Unknown)
Susanto, Indra Himawan (Unknown)
Sulistyarto, Soni (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Kondisi fisik merupakan salah satu elemen yang krusial bagi pemain sepak bola karena kondisi fisik dapat mempengaruhi performa pemain sepak bola saat mereka berada di lapangan. Pemain yang memiliki kondisi fisik yang baik dapat menerapkan taktik dan melakukan teknik dengan sempurna. Oleh karena itu, seorang pemain sepak bola dituntut memiliki kondisi fisik yang baik guna menunjang performa mereka ketika berada di atas lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi fisik pemain UNESA FC pada masa persiapan kompetisi liga 4 jawa Timur 2024-2025. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang memiliki tujuan untuk memberikan suatu gambaran serta penjelasan yang ringkas tentang berbagai situasi dan variabel yang terjadi dalam masyarakat. Sampel dari penelitian ini adalah pemain UNESA FC yang berjumlah 25 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara keseluruhan kondisi fisik pemain UNESA FC di setiap posisi bermain dikatakan mempunyai kondisi fisik dalam kategori sedang dengan pemain belakang yang memperoleh presentase sebanyak 69%, pemain tengah yang memperoleh presentase sebanyak 68%, dan pemain depan memperoleh presentase sebanyak 71%. Implikasinya, pemain UNESA FC tidak dapat memiliki performa yang maksimal selama pertandingan berlangsung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...