JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD 2024/2025

Haloho, Bella R. (Unknown)
Tobing, Minar Trisnawati Lumban (Unknown)
Sijabat, Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas IV di SD Negeri 091608 Sinaksak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimental design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 091608 Sinaksak. Berdasarkan analisis data, diperoleh peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran Pop Up Book. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata nilai siswa dari Pretest sebesar 51,09 menjadi 86,74 pada postest. Jadi, setelah menggunakan media pembelajaran Pop-Up Book hasil belajar yang didapat menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum menggunakan media pembelajaran Pop-Up Book. Berdasarkan nilai N- gain diperoleh sebesar 0,74 yang termasuk kedalam klasifikasi tinggi dan kategori efektif. Selanjutnya nilai yang dihasilkan dari uji Normalitas adalah 0,23 uji ini digunakan untuk mengetahui data tersebut berdistribusi normal atau tidak. Kemudian uji-t dapat dilihat bahwa t hitung > t tabel dengan taraf signifikan 0,05. Sehingga hasil menunjukkan bahwa t hitung = 26.509 > dari t tabel = 1,717 yang berati terdapat perbedaan yang signifikan. ini mengartikan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Pop-Up Book terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV di SD 2024/2024 yang berlokasi di SD Negeri 091608 Sinaksak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...