JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Membangun Budaya Literasi: Studi Kualitatif Implementasi Program Wajib Baca di SD Negeri 1 Gelgel

Chindytia, Chindytia (Unknown)
Kristiantari, Maria Goreti Rini (Unknown)
Oktayanti, Sang Ayu Putu Diah (Unknown)
Prameswari, I Gusti Ayu Andini (Unknown)
Dewi, Ni Komang Tania Kartriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program wajib baca dalam membangun budaya literasi di SD Negeri 1 Gelgel. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program wajib baca telah diterapkan secara konsisten dan berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung kegiatan literasi. Program ini meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa, serta memperkuat karakter disiplin dan percaya diri. Namun, tantangan tetap ada, seperti keterbatasan bahan bacaan dan perbedaan minat baca siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan penyediaan bahan bacaan yang lebih beragam, pelatihan guru dalam strategi literasi efektif, dan keterlibatan aktif orang tua. Program ini menjadi contoh baik praktik literasi yang terintegrasi dan berkelanjutan dalam pendidikan dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...