JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva dalam Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 14 Dumai

Murny, Murny (Unknown)
Ningrum, Widya Sekar (Unknown)
Hamdani, Ripi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh aplikasi Canva terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 14 Dumai, serta mengidentifikasi faktor penghambat implementasinya. Metode penelitian kuantitatif menggunakan desain kuasi eksperimen Pretest-Posttest Control Group. Sampel penelitian adalah 60 siswa kelas VII yang dipilih acak, dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui tes menulis teks deskripsi dan dianalisis dengan uji-t. Hasilnya menunjukkan bahwa Canva berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi siswa (0,000 < 0,05). Faktor penghambat meliputi keterbatasan jaringan internet, waktu pengeditan, kapasitas penyimpanan perangkat, dan pemahaman siswa tentang aplikasi. Disimpulkan bahwa Canva efektif meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi, namun implementasinya perlu memperhatikan kendala teknis dan perbedaan pemahaman siswa agar optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...