JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peningkatan Pemahaman Konsep Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VIII SMP Bhinneka Tunggal Ika Purwosari Pasuruan Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi (QUIZIZZ)

Zuhriyah, Aminatuz (Unknown)
Amrulloh, Muhammad Faishol (Unknown)
Wahdah, Islahiyatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2025

Abstract

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional memiliki peran penting dalam komunikasi global, pendidikan, dan dunia kerja. Namun, masih banyak siswa sekolah menengah pertama yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep dasar Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi, khususnya aplikasi Quizizz, dalam meningkatkan pemahaman konsep Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Bhinneka Tunggal Ika Purwosari Pasuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor rata-rata pemahaman siswa, dari 53,4 pada pretest menjadi 76,7 pada posttest, dengan rata-rata peningkatan sebesar 23,3 poin. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan Quizizz karena dinilai interaktif, menyenangkan, dan memudahkan pemahaman materi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Quizizz merupakan media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep Bahasa Inggris di tingkat SMP, serta memberikan rekomendasi untuk integrasi lebih lanjut dalam praktik pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...