JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Kaidah Tafsir Al-Qur’an Mantuq dan Mafhum

Rahman, Luthfi Anshori (Unknown)
Yusuf, Kadar M (Unknown)
Alwizar, Alwizar (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji kaidah tafsir mantuq dan mafhum sebagai instrumen metodologis dalam penafsiran Al-Qur'an. Mantuq merujuk pada makna tersurat yang terkandung dalam Al-Qur'an, sementara mafhum mengacu pada makna tersirat yang diperoleh melalui indikasi kontekstual dan struktural bahasa. Kajian ini menggunakan metode deskriptif-analitis dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis tipologi kedua kaidah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mantuq terbagi menjadi mantuq sharih dan ghair sharih, sedangkan mafhum terdiri dari mafhum muwafaqah dan mukhalafah dengan berbagai subkategorinya. Penerapan kedua kaidah ini terbukti efektif dalam penetapan hukum (istinbat ahkam) dari nash-nash Al-Qur'an, khususnya dalam merespons isu-isu kontemporer yang tidak disebutkan secara eksplisit dalam nash. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan metodologi tafsir yang lebih komprehensif dan responsif terhadap dinamika zaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...