JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pelatihan Menulis Cerpen dengan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa SMP Darussalam Durenan Trenggalek

Azizah, Hilma Azmi (Unknown)
Purnani, Siwi Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi siswa di dalam menulis, khususnya menulis teks cerpen. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di SMP Darussalam Durenan, Trenggalek. Adapun peserta dari kegiatan pengabdian ini adalah sebanyak 30 orang siswa. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam 5 tahapan, yaitu (1) pemberian materi dalam bentuk ceramah, berdiskusi, dan presentasi materi kemudian siswa melakukan tanya jawab; (2) proses menemukan ide dalam menulis cerpen; (3) membuat kerangka menulis cerpen dengan metode mind mapping; (4) kegiatan menulis cerpen yang dilakukan oleh siswa dengan berdasarkan kerangka cerita yang sudah dibuat dengan metode mind mapping, dan (5) pembacaan cerpen dan pengevaluasian di depan kelas. Kegiatan pelatihan ini memberikan dampak yang signifikan kepada siswa terbukti dari hasil karya yang sudah dikerjakan oleh siswa tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...