Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, yang merupakan bagian dari program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kemendikbud, bertujuan menanamkan nilai-nilai karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis integrasi nilai-nilai karakter dalam Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan studi literatur dan wawancara sebagai penguat dalam pengumpulan data. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat bertujuan menanamkan nilai-nilai karakter utama seperti religius, mandiri, disiplin, tanggung jawab, dan gotong royong sejak usia dini. Namun, implementasinya masih menghadapi berbagai kendala, seperti tidak adanya penyuluhan kepada orang tua dan rendahnya partisipasi siswa. Strategi yang dapat diterapkan untuk meminimalkan hambatan tersebut antara lain melalui pendekatan sosialisasi yang partisipatif dan interaktif kepada siswa dan pemberdayaan peran orang tua melalui penyuluhan yang berkelanjutan.
Copyrights © 2025