JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Prestasi Siswa SMA IT Insan Mulia Boarding School (IMBOS)

Rahayu, Siti (Unknown)
Nasuha, Sayidatun (Unknown)
Handayani, Sri Retno (Unknown)
Firdaus, Fahrurrozi (Unknown)
Safitri, Novera (Unknown)
Andriyani, Melita Priti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Manajemen mutu pendidikan merupakan pendekatan sistematis dalam pengelolaan lembaga pendidikan untuk memastikan seluruh komponen bekerja secara sinergis guna mencapai standar mutu yang ditetapkan secara berkelanjutan. Penelitian ini mengkaji implementasi manajemen mutu berbasis Total Quality Management (TQM) di SMA IT Insan Mulia Boarding School (IMBOS). Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IMBOS menerapkan prinsip-prinsip TQM melalui penerimaan santri baru yang terstruktur dan berbasis teknologi, pelaksanaan tes pemetaan awal untuk memahami karakteristik siswa, serta penerapan kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) yang menekankan keseimbangan antara capaian akademik dan nilai-nilai keislaman. Implementasi manajemen mutu ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas layanan pendidikan. Selain itu, prestasi siswa mengalami peningkatan, baik dalam bidang akademik maupun nonakademik, sebagai hasil dari proses pendidikan yang terintegrasi, terarah, dan konsisten.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...