JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Kebijakan Manajemen Kurikulum Paud sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Taman Kanak-Kanak Miftahul Jannah Binjai

Andriani, Yuyun (Unknown)
Yana, Rizkini (Unknown)
Eptalia , Febi (Unknown)
Anggraini, Elya Siska (Unknown)
Zahra, Kathryn Ellya (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kebijakan manajemen kurikulum yang diterapkan di TK Miftahul Jannah dan menganalisis implementasi petunjuk sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik perekaman data dilakukan dengan wawancara, pengamatan, pengawasan, guru, dan dokumen kurikulum terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum dilakukan secara partisipatif dan menyebutkan kurikulum Paud Merdeka. Pelaksanaan kurikulum mengedepankan prinsip pembelajaran yang menyenagkan. Evaluasi kurikulum juga dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Meskipun ada beberapa hambatan, seperti pelatihan guru yang terbatas dan lembaga dukungan, pedoman umum untuk pengelolaan kurikulum TK Miftahul Jannah telah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas siswa. Studi ini merekomendasikan penguatan kerja sama sekolah dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan pelatian guru dan meningkatkan kualitas pembentukan PAUD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...