JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Tradisional Kaoda-Oda di TK Pertiwi Jaya Desa Lapandewa Jaya

Saleh, Rachman (Unknown)
Adnan, Adnan (Unknown)
Rofi, Rofi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan anak-anak PAUD di TK Pertiwi Jaya Desa Lapandewa Jaya yang Berjumlah 19 orang dengan usia 5-6 tahun. Data di kumpul melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis secara kualitatif menggunakan lembar observasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Penerapan permainan tradisional kaoda-oda pada usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Jaya Desa Lapandewa Jaya dapat di terapkan dengan baik. Hal ini di lihat pada saat peneliti melakukan penelitian dengan teknik Observasi, wawancara dan dokumentasi terlihat bahwa guru dan peneliti berhasil menerapkan permainan tradisional kaoda-oda dengan baik dan anak terlihat antusias ketika memainkan permainannya. 2. Pelaksanaan dalam meningkatkan motorik kasar anak melalui permainan tradisional kaoda-oda pada usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Jaya Desa Lapandewa Jaya yaitu: di lihat dari perkembangan motorik kasarnya salah satunya keseimbangan badannya dan kekuatan otot kakinya yang semakin berkembang, permainan tradisional kaoda-oda ini dapat melatih keseimbangan badan pada saat berdiri di permainannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...