Penelitian didasari pada kebutuhan dunia industri fashion yang menuntut sentuhan desain yang berkembang mengikuti kemajuan teknologi namun masih mempertimbangkan nilai estetis dan menuntut kreatifitas yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model Project-Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan menghias busana pada mahasiswa Program Studi Tata Busana. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 25 mahasiswa semester 4 yang mengikuti mata kuliah Sulaman. Pembelajaran dirancang melalui lima tahapan PjBL: identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan proyek, evaluasi, dan presentasi-refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi tes kinerja, lembar observasi, jurnal reflektif, dan angket persepsi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan teknis mahasiswa, yang ditunjukkan melalui hasil pretest (rata-rata 68,2) dan posttest (rata-rata 84,6). Secara kualitatif, mahasiswa menunjukkan kreativitas dalam eksplorasi desain, peningkatan kemandirian, serta kemampuan bekerja kolaboratif dalam menyelesaikan proyek. Implementasi PjBL juga menciptakan ruang belajar yang lebih partisipatif dan bermakna. Dengan demikian, model PjBL direkomendasikan sebagai pendekatan yang efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran praktik di pendidikan vokasional, khususnya dalam konteks desain dan produksi busana.
Copyrights © 2025