JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Mengamati Perkembangan Anak Kelas 1 SMA Melalui Observasi Kunjungan ke Rumah

Lubis, Ramadhan (Unknown)
Sinaga, Fatimah Azzahra (Unknown)
Pratiwi, Anandita Dwi (Unknown)
Syafitri, Ida Alexsa (Unknown)
Mulia, Raisyah Putri (Unknown)
Saukani, Saukani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan memahami perkembangan peserta didik kelas 1 SMA melalui metode observasi kunjungan rumah (home visit). Fokus utama pengamatan mencakup aspek perkembangan emosi, sosial, kognitif, dan lingkungan keluarga yang memengaruhi proses belajar siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dengan orang tua, serta pencatatan kondisi lingkungan rumah. Hasil observasi menunjukkan bahwa faktor lingkungan keluarga memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan kestabilan emosi siswa. Interaksi orang tua, ketersediaan fasilitas belajar, serta kebiasaan harian di rumah menjadi faktor dominan dalam mendukung atau menghambat perkembangan siswa. Melalui kunjungan rumah, guru atau konselormendapatkan pemahaman yang lebih menyeluruh mengenai latar belakang siswa, sehingga dapat merancang pendekatan bimbingan dan pembelajaran yang lebih tepat. Penelitian ini merekomendasikan agar home visit dijadikan bagian dari strategi pemantauan perkembangan siswa secara holistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...