JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain Puzzle

Waisa, Nur Hijriyati (Unknown)
Wiranti, Winy (Unknown)
Rosidah, Iis (Unknown)
Natasya, Astrid (Unknown)
Aulia, Salsabila (Unknown)
Nasution, Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan majemuk anak usia dini melalui aktivitas bermain puzzle di RA Islam Nur Kota Medan. Kecerdasan majemuk merupakan teori yang mencakup berbagai jenis kecerdasan, seperti kecerdasan logis-matematis, visual-spasial, kinestetik, interpersonal, dan intrapersonal, yang semuanya dapat distimulasi sejak usia dini melalui pendekatan bermain yang tepat. Puzzle sebagai salah satu media permainan edukatif diyakini mampu mendorong anak untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, serta meningkatkan koordinasi dan kerja sama. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di salah satu lembaga PAUD di RA Islam Nur Kota Medan, dengan jumlah peserta didik sebanyak 15 orang. Selama kegiatan, anak-anak diberikan berbagai bentuk puzzle sesuai dengan tingkat usia dan kemampuan mereka, baik secara individu maupun kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain puzzle memberikan dampak positif dalam pengembangan berbagai aspek kecerdasan majemuk. Anak-anak menunjukkan peningkatan dalam kemampuan berpikir logis, pengenalan bentuk dan warna, koordinasi tangan-mata, serta kemampuan bekerja sama dalam kelompok. Aktivitas ini juga meningkatkan kepercayaan diri dan rasa tanggung jawab anak terhadap tugas yang diberikan. Dengan demikian, aktivitas bermain puzzle terbukti efektif sebagai strategi stimulasi kecerdasan majemuk pada anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...