JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Kajian Respon Emosi Musikal dan Semiotika: Studi Kasus K-Popers Banten

Amalia, Ghina (Unknown)
Septiyan, Dadang Dwi (Unknown)
Rizal, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna denotatif dan konotatif dalam lirik lagu K-Pop serta mengidentifikasi respon emosi musikal yang ditimbulkan terhadap perilaku penggemar K-Pop di Banten. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif dan studi kasus, data diperoleh lewat wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil analisis menunjukkan bahwa lirik lagu K-Pop seperti Spring Day, Boom, Hello Future, dan Wannabe memunculkan respons emosional (rindu, semangat, harapan) dan perubahan perilaku (imitasi, ekspresi identitas). Dengan analisis semiotik Roland Barthes, ditemukan bahwa lirik K-Pop tidak hanya menyampaikan makna, tetapi juga membentuk identitas diri dan relasi emosional yang mendalam, menjadikan musik sebagai medium penting dalam kehidupan sosial dan emosional penggemar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...