Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis platform Google Sites terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada materi IPAS topik “Oh, Lingkungan Jadi Rusak” di SD Negeri Tulangampiang. Metode yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari 64 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas: VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest menggunakan instrumen soal pilihan ganda yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, N-Gain, dan uji-t. Hasil analisis menunjukkan peningkatan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sebanyak 96,9% siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar setelah menggunakan Google Sites, sementara kelas kontrol hanya mencapai 93,7%. Hasil uji-t juga menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan Google Sites terhadap peningkatan hasil belajar. Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran digital yang interaktif dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan integrasi teknologi seperti Google Sites dalam pembelajaran IPAS untuk mendukung proses belajar yang lebih efektif dan menyenangkan.
Copyrights © 2025