JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Kesetaraan Akses Internet dan Tantangan Literasi Digital di Indonesia

Widiasanti, Irika (Unknown)
Rahmadani, Shalasha (Unknown)
Nur, Dewi Az-Zahra (Unknown)
Nafi'atussalwa, Nafi'atussalwa (Unknown)
Lestari, Nadhiya Putri (Unknown)
Syaidah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini membahas kesetaraan akses internet dan tantangan literasi digital di Indonesia dengan mengacu pada data Indeks Literasi Digital Indonesia (ILDI) tahun 2021–2022 serta data persentase penduduk usia lima tahun ke atas yang mengakses internet dalam tiga bulan terakhir berdasarkan provinsi dan jenis kelamin. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun terdapat peningkatan pada pilar Keterampilan Digital, Etika Digital, dan Keamanan Digital, pilar Budaya Digital mengalami penurunan. Ketimpangan akses internet antar provinsi dan gender menjadi salah satu faktor yang berpotensi memengaruhi tingkat literasi digital secara keseluruhan. Studi ini menyoroti pentingnya pemerataan infrastruktur dan edukasi digital untuk mendorong inklusi digital yang menyeluruh di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...