Proses pembelajaran di TK Tunas Waonu masih terbatas pada penggunaan buku dan poster, sehingga anak kurang termotivasi dan kreativitasnya belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kreativitas anak usia 5–6 tahun melalui pembelajaran berbasis kemaritiman sekaligus menambah wawasan anak tentang dunia maritim. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Subjek penelitian adalah anak usia 5–6 tahun di TK Tunas Waonu. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis kemaritiman dapat meningkatkan antusiasme dan kreativitas anak. Anak lebih aktif dan kreatif saat terlibat dalam kegiatan luar ruang seperti bermain pasir laut, menggambar tema pantai, serta mengisi media pasir dengan pola biota laut.
Copyrights © 2025