JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Identifikasi dan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah

Aisyah, Anggun (Unknown)
Nurbaiti, Dwi (Unknown)
Caturrahayu, Gita (Unknown)
Ananda, Kania (Unknown)
Aqsha, Miftahul (Unknown)
Nurhaswinda, Nurhaswinda (Unknown)
Akbari, Rahmatika (Unknown)
Alvira, Syahda (Unknown)
Oktavia, Vina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa sekolah dasar kelas rendah melalui analisis isi dari beberapa artikel ilmiah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode analisis konten terhadap artikel yang dipublikasikan dalam jurnal terakreditasi SINTA pada rentang tahun 2014–2025. Sebanyak empat artikel yang relevan dianalisis untuk mengungkap gambaran umum mengenai kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan tahapan Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, siswa kelas rendah sudah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika yang cukup baik, meskipun masih ditemukan variasi tingkat kemampuan antara siswa satu dengan lainnya. Salah satu temuan penting adalah efektivitas model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dibandingkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman awal tentang kemampuan pemecahan masalah matematika pada jenjang sekolah dasar, khususnya kelas rendah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...