JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Difficulties in Pronouncing English Vowel and Consonant by EFL Learners

Aulia, Dhini (Unknown)
Azelia, Dinda (Unknown)
Rosanti, Rosanti (Unknown)
Lubis, Yani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Pengucapan masih menjadi tantangan penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL), khususnya yang menyangkut artikulasi bunyi konsonan yang tidak ada dalam bahasa ibu pembelajar. Studi ini melakukan tinjauan pustaka deskriptif untuk mengeksplorasi kesulitan pengucapan umum di antara pembelajar EFL, dengan fokus pada konsonan bahasa Inggris seperti /θ/, /ð/, /ʃ/, /ʒ/, /v/, dan gugus konsonan. Mengacu pada sepuluh artikel jurnal yang ditinjau sejawat dan tiga buku akademis yang diterbitkan antara tahun 2010 dan 2024, tinjauan tersebut mengidentifikasi pola yang konsisten dari interferensi bahasa pertama (L1), ketidakakraban artikulasi, dan kesadaran fonologis yang tidak memadai sebagai faktor utama yang berkontribusi terhadap kesalahan pengucapan. Temuan tersebut mengungkapkan bahwa pembelajar dari berbagai latar belakang linguistik—termasuk mereka yang berasal dari Indonesia, Timur Tengah, dan Asia Tenggara—sering kali mengganti bunyi bahasa Inggris yang tidak dikenal dengan padanan asli atau menyederhanakan struktur yang rumit. Selain itu, pelatihan fonetik yang terbatas dan kurangnya instruksi pengucapan yang eksplisit di kelas semakin menghambat kemampuan pembelajar untuk menghasilkan bunyi bahasa Inggris yang akurat. Studi ini menyoroti pentingnya mengintegrasikan fonetik artikulatoris, analisis kontrastif, dan praktik interaktif ke dalam instruksi pelafalan. Studi ini diakhiri dengan merekomendasikan pendekatan yang lebih sistematis dan berpusat pada siswa untuk mengajarkan pelafalan, dengan menekankan penggunaan teori fonologis, perangkat teknologi, dan tugas komunikatif untuk meningkatkan kejelasan dan kepercayaan diri siswa dalam bahasa Inggris lisan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...