Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development yang menggunakan Model ADDIE dengan tahapan sebagai berikut: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek uji coba pada penelitian ini melakukan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Teknik analisis data menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini 1) Mengatasi permasalahan di sekolah berupa rendahnya minat belajar dengan menggunakan produk berupa media pembelajaran permainan edukatif berbasis konstruk 3. 2) Efektivitas penggunaan produk media pembelajaran permainan edukatif berbasis konstruk untuk meningkatkan minat belajar Sejarah. Ada beberapa hasil, diantaranya melalui hasil validasi ahli materi dengan skor presentase sebesar 98% (Sangat Layak) dan validasi ahli media dengan skor sebesar 90% (Sangat Layak). Menunjukkan media pembelajaran permainan edukatif layak digunakan dan diujicobakan kepada peserta didik. Setelah itu diperoleh hasil dalam melihat respon peserta didik yaitu dengan presentase rata-rata sebesar 88% (Sangat Layak) melalui hasil ini media pembelajaran permainan edukatif dikategorikan sangat layak.
Copyrights © 2025