Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pembelajaran mahaarah kalaam menggunakan media audiovisual berbahasa Arab pada siswa kelas VII di salah satu SMPIT Bekasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan mahaarah kalaam dalam pembelajaran bahasa Arab dan kendala yang sering dihadapi siswa, salah satunya kurangnya minat siswa dalam belajar mahaarah kalaam. Oleh karena itu, guru menggunakan media audiovisual sebagai media pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang proses pembelajaran, kendala yang dihadapi, dan persepsi siswa terhadap penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran maharah kalam. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung di lokasi penelitian, wawancara dengan partisipan yaitu satu guru bahasa Arab dan enam siswa, serta dokumentasi terkait proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mahaarah kalaam menggunakan media audiovisual berbahasa Arab pada siswa kelas VII di salah satu SMPIT Bekasi berjalan dengan cukup baik, serta dapat memberikan dampak positif bagi siswa. Siswa merasa lebih termotivasi, dan tertarik untuk belajar karena media audiovisual memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Namun, ada beberapa kendala yang dihadapi ketika menggunakan media audiovisual ini dalam pembelajaran seperti sarana sekolah yang kurang memadai, kemudian kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan media audiovisual dalam mengajar, dan beberapa siswa merasa kesulitan mengikuti materi karena perbedaan tingkat kemampuan bahasa Arab. Penelitian ini memberikan dampak positif bagi pengembangan media pembelajaran bahasa Arab yang lebih efisien di tingkat sekolah menengah pertama. Saran bagi peneliti untuk peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian yang lebih baik lagi mengenai media yang sesuai dengan pembelajaran mahaarah kalaam dengan melibatkan teknologi yang ada.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025