Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV pada topik pecahan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Sumerta Denpasar yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar (pre-test dan post-test). Data dianalisis menggunakan uji-t sampel berpasangan. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata nilai 49,00, sedangkan post-test meningkat menjadi 84,00. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Penerapan model CTL berbantuan puzzle terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep pecahan. Pendekatan ini mampu menciptakan pembelajaran bermakna melalui keterkaitan materi dengan kehidupan nyata dan visualisasi konkret melalui media puzzle. Dengan demikian, model CTL berbantuan puzzle direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran matematika di sekolah dasar, khususnya pada materi yang bersifat abstrak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025