JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Wordwall terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SD

Wulandari, Cindy (Unknown)
Rohimah, Siti Maryam (Unknown)
Nurhadi, Moh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN 2 Cibodas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan wordwall dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan wordwall terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan wordwall dan model pembelajaran konvensional yang berjalan lancar sesuai sintaks. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan wordwall dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Terdapat pengaruh pada penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan wordwall dengan nilai 1,059 dalam uji effect size dengan kategori tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...