JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Students’ Tenses Mastery

Lubis, Yani (Unknown)
Limong, Annisasalsabila (Unknown)
Mahrani, Khairika (Unknown)
Nanda, Arin Putri (Unknown)
Zega, Aryansyah Zeg (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2025

Abstract

Penguasaan tenses bahasa Inggris merupakan keterampilan mendasar yang diperlukan untuk komunikasi yang efektif, baik lisan maupun tertulis. Penelitian ini menyelidiki tingkat penguasaan tenses di antara mahasiswa MPI-2 (Manajemen Pendidikan Islam, semester kedua) dan mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan belajar mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara semi-terstruktur dan tinjauan pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak mahasiswa berjuang dengan tenses yang kompleks seperti Present Perfect Continuous dan bingung antara tenses Simple Past dan Present Perfect. Faktor internal seperti motivasi rendah, kebiasaan belajar yang tidak efektif, kecemasan bahasa, dan kurangnya pengetahuan tata bahasa sebelumnya, dikombinasikan dengan faktor eksternal seperti metode pengajaran tradisional, kesempatan latihan terbatas, dan materi yang tidak menarik, berkontribusi terhadap tantangan ini. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan pembelajaran interaktif dan kontekstual, integrasi teknologi, latihan berkelanjutan dengan umpan balik, dan pengembangan materi yang relevan untuk meningkatkan penguasaan siswa. Strategi-strategi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kepercayaan diri siswa dalam menggunakan tenses bahasa Inggris secara akurat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...