JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Ontologi Digital dalam Manajemen Pendidikan Modern: Tinjauan Filosofis atas Penggunaan Gawai di Sekolah Menengah

Henny, Henny (Unknown)
Trnmiyati, Eko (Unknown)
Yuningsih, Neni Misna (Unknown)
Nursilawati, Nursilawati (Unknown)
Wulandari, Dwi (Unknown)
Effendi, Darwin (Unknown)
Djunaidi, Djunaidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah paradigma pendidikan modern, khususnya dalam manajemen dan praktik pembelajaran di sekolah menengah. Penelitian ini mengkaji penggunaan gawai melalui pendekatan ontologi digital dan tinjauan filosofis untuk memahami esensi, makna, dan implikasi keberadaan teknologi dalam dunia pendidikan. Fokus utama terletak pada bagaimana gawai tidak hanya sebagai alat bantu, tetapi juga sebagai entitas yang membentuk cara berpikir, bertindak, dan berinteraksi peserta didik maupun pendidik. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis fenomena ini secara mendalam, dengan sumber data berupa literatur, observasi, dan wawancara. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan gawai menciptakan realitas baru dalam proses belajar-mengajar, yang menuntut penyesuaian dalam manajemen pendidikan dan etika pedagogis. Studi ini merekomendasikan adanya refleksi filosofis dalam merancang kebijakan pendidikan digital agar teknologi tidak hanya berperan secara instrumental, tetapi juga memperkaya dimensi kemanusiaan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...