Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh film animasi Nusa Rara terhadap pembelajaran huruf Hijaiyah pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksplanatif. Penelitian ini dilaksanakan di SPS Al-Huda dengan sampel seluruh populasi siswa yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling dan instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Persyaratan analisis data meliputi uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji linearitas, sedangkan pengujian hipotesis melalui analisis korelasi dan regresi berbantuan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa film Nusa Rara berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran huruf Hijaiyah. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis film dapat menjadi salah satu sarana yang efektif untuk meningkatkan mutu pembelajaran khususnya pada pendidikan agama berbasis nilai. Peneliti selanjutnya dapat mengkaji faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa selain dari penggunaan media pembelajaran.
Copyrights © 2025