The Merdeka Curriculum emphasizes flexible, student-centered learning, incorporating the dimension of Faith, Piety to God Almighty, and Noble Character, which integrates religious values into education. One manifestation of this is memorizing the Qur'an, which not only strengthens spirituality but also enhances memory and cognitive consistency. This study analyzes the relationship between the quantity of Qur'an memorization and mathematics learning outcomes at SIGM As-Sakinah. Data were collected from the final semester tasmi’ assessments for the 2023/2024 academic year and students' average midterm and final exam scores in mathematics. Prerequisite tests confirmed that the data were normally distributed and linear. Simple linear regression and ANOVA tests using SPSS 24 yielded an R value of 0.639 and an R² of 40.8%, indicating that the amount of memorization contributes to mathematics learning outcomes. The ANOVA test produced an F-value of 9.667 with a significance level of 0.008 (p < 0.05), confirming a significant relationship between variables. The regression equation Y=64.119+2.709XY = 64.119 + 2.709XY=64.119+2.709X suggests that each additional juz memorized increases mathematics learning outcomes. These findings affirm that Qur'an memorization positively contributes to students' cognitive development.Kurikulum Merdeka Dan Dimensi Keimanan: Pengaruh Hapalan Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar MatematikaABSTRAKKurikulum Merdeka menekankan pembelajaran fleksibel dan berpusat pada peserta didik, dengan dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia yang mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dalam pendidikan. Salah satu bentuknya adalah menghafal Al-Qur’an, yang tidak hanya memperkuat spiritualitas tetapi juga melatih daya ingat dan konsistensi kognitif. Penelitian ini menganalisis hubungan antara jumlah hafalan Al-Qur’an dengan hasil belajar matematika di SIGM As-Sakinah. Data diperoleh dari hasil tasmi’ hafalan akhir semester ganjil serta nilai rata-rata UTS dan UAS matematika. Uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan linear. Analisis regresi linear sederhana dan uji ANOVA menggunakan SPSS 24 menunjukkan nilai R = 0.639 dan R² = 40.8%, yang berarti jumlah hafalan berkontribusi terhadap hasil belajar matematika. Uji ANOVA menghasilkan nilai F = 9.667 dengan signifikansi 0.008 (p < 0.05), mengonfirmasi hubungan signifikan antara variabel. Persamaan regresi Y=64.119+2.709X menunjukkan bahwa setiap tambahan satu juz hafalan meningkatkan hasil belajar matematika. Temuan ini menegaskan bahwa aktivitas menghafal Al-Qur’an dapat berkontribusi positif terhadap perkembangan kognitif peserta didikKata Kunci :Kurikulum Merdeka; Dimensi beriman; Hafalan Al-Qur’an; Hasil belajar matematika; Regresi linear
Copyrights © 2025