Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan literasi numerasi siswa setelah diterapkan model pembelajaran gallery walk berbantuan media visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental designs berupa the one-grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Langsa tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah masing-masing adalah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dan sampelnya adalah siswa kelas VII-2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes yang berbentuk soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian pada uji paired sample t-test diperoleh df = 22 dengan nilai ttabel = 2,0739 dan thitung = 26,993 maka diperoleh hasil thitung > ttabel = 26,993 > 2,0739 dengan taraf signifikansi α = 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan terdapat peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa kelas VII-2 SMP Negeri 12 Langsa setelah diterapkan model pembelajaran gallery walk berbantuan media visual. Peneliti mengharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi guru dalam menggunakan model pembelajaran gallery walk berbantuan media visual untuk meningkatkan literasi numerasi siswa.
Copyrights © 2025