Griya Journal of Mathematics Education and Application
Vol. 5 No. 2 (2025): Juni 2025

Efektivitas Model PBL Berbantuan E-LKPD Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 2 Labuapi

Arisma, Dinda Putri (Unknown)
Muhammad Turmuzi (Unknown)
Ulfa Lu'luilmaknun (Unknown)
Sri Subarinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBL berbantuan e-LKPD terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Labuapi Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan posttest only non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Labuapi dan sampelnya adalah peserta didik kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes hasil belajar peserta didik (posttest) pada materi persamaan garis lurus yang sebelumnya sudah divalidasi oleh validator ahli sehingga dinyatakan valid untuk digunakan. Berdasarkan hasil analisis data tes hasil belajar matematika peserta didik, diperoleh rata-rata skor kelas eksperimen sebesar dengan skor tertinggi dan rata-rata skor kelas kontrol sebesar dengan skor tertinggi . Berdasarkan hasil uji-t diperoleh skor dan , karena skor maka ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan e-LKPD efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Labuapi tahun ajaran 2024/2025.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Griya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Griya Journal of Mathematics Education and Application adalah Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Mataram. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal ini adalah artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian, review artikel maupun ...