Perkembangan kebutuhan pembelajaran abad ke-21 semakin menuntut inovasi dalam sistem pendidikan, khususnya pada pengembangan media yang mampu mendorong interaksi dan kolaborasi peserta didik. Namun, kenyataannya pembelajaran matematika di sekolah masih didominasi oleh pendekatan konvensional yang berpusat pada guru dan minim interaksi antar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator 3 (SAC 3) untuk meningkatkan kolaborasi peserta didik pada materi bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Islam Athirah Bukit Baruga. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mengukur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis SAC 3 memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, media ini dapat menjadi solusi inovatif dalam mendukung pembelajaran matematika yang kolaboratif dan menyenangkan, khususnya pada materi bangun ruang
Copyrights © 2025