CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 01 (2025): November - April

Peningkatan Kinerja Kios Masyarakat (Kimasy) Di Kalurahan Jagalan Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital

Widodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2025

Abstract

Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang sangat besar terutama bidang ekonomi termasuk yang terjadi pada UMKM di Kalurahan Jagalan. Permasalahan yang dihadapi oleh KIMASY adalah menurunnya omzet penjualan sebagai akibat situasi pandemi Covid-19. Penyelesaian yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital. Dengan peningkatan kemampuan ini pelaku UMKM akan mampu memanfaatkan berbagai kesempatan yang muncul dalam memasarkan produk UMKM pada pasar digital yang lebih terbuka luas. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan sosialisasi pasar digital, pelatihan pemanfaatan teknologi informasi untuk pemasaran, dan pelatihan dan pendampingan pembuatan konten informasi pada pasar online. Pengabdian dilakukan oleh mahasiswa KKN mulai tanggal 26 Januari sampai 15 Pebruari 2021. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelaku UMKM antusias untuk mengikuti pelatihan pemasaran online dan mencoba menerapkan untuk memasarkan produk mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CITAKARYA

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Citakarya merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Cita Konsultindo yang mewadahi publikasi hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen-Dosen sebagai bentuk manifestasi Tri Darma Perguruan Tinggi. Jurnal ABDIMAS merupakan jurnal elektronik yang dikelola secara profesional dengan ...