Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan resiliensi matematis siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan secara terperinci terkait: (1) untuk mendeskripsikan upaya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan resiliensi matematis; (2) untuk mendeskripsikan pengaruh resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; (3) untuk mendeskripsikan bentuk pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan resiliensi matematis. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Data penelitian ini dikumpulkan melalui 20 artikel yang meliputi artikel nasional sebanyak 15, artikel internasional sebanyak 3, dan artikel internasional bereputasi sebanyak 2 yang sesuai dengan topik penelitian untuk di review. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa resiliensi matematis mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, yaitu resiliensi matematis yang tinggi akan memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang tinggi. Bentuk pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan resiliensi matematis diantaranya: memberikan pengalaman belajar yang bervariasi dan inovatif, mampu memotivasi siswa untuk aktif berdiskusi dan bertanya selama proses pembelajaran.
Copyrights © 2025