Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan era Society 5.0 telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Pendidikan Islam sebagai bagian penting dari sistem pendidikan nasional dituntut untuk melakukan transformasi agar mampu menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks dan berbasis teknologi. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bentuk transformasi pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 serta mengidentifikasi strategi yang dapat dilakukan agar tetap relevan dan adaptif. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil studi menunjukkan bahwa transformasi pendidikan Islam dapat dilakukan melalui integrasi teknologi digital dalam proses pembelajaran, penguatan kurikulum berbasis nilai-nilai Islam dan kompetensi abad 21, serta pengembangan karakter peserta didik yang mampu bersaing secara global namun tetap berakhlak mulia. Simpulan dari studi ini adalah bahwa transformasi pendidikan Islam merupakan keniscayaan yang harus dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan agar mampu mencetak generasi unggul yang siap menghadapi tantangan global tanpa kehilangan jati diri keislaman.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025