Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 3 (2025): Irje 2025

Pemanfaatan Media Blog dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP YWKA Palembang

Cahya, Devika Rustiara (Unknown)
Wardiah, Dessy (Unknown)
Efendi, Darwin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Blog merupakan bentuk aplikasi web yang berisi teks, gambar, dan media lain yang berfungsi sebagai sarana untuk mengekspresikan gagasan dan dapat digunakan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Tujuan pemanfaatan media Blog ini mendorong siswa untuk lebih aktif dalam berinteraksi dan mendapatkan umpan balik, yang dapat memperkaya pengalaman belajar di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP YWKA Palembang. Metode penelitian yang digunakkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, semua siswa kelas VII.1 telah mempublikasikan hasil tulisan mereka di dalam Blog. Publikasi ini menunjukkan bahwa siswa telah memanfaatkan Blog sebagai media pembelajaran menulis teks deskripsi. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa Blog dapat dijadikan sebagai platfrom dalam hal menulis, namun untuk keberlanjutan menggunakan media Blog dalam kehidupan sehari-hari, 50% siswa menjawab ragu-ragu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...