Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 3 (2025): Irje 2025

Pemanfaatan Gamifikasi untuk Meningkatkan Pengembangan Diri Siswa di SMPN 15 Kota Serang

Rahmawati, Riris (Unknown)
Saputri, Novi (Unknown)
Mulyawan, Galuh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penggunaan gamifikasi dalam memperbaiki pengembangan diri siswa di SMP Negeri 15 Kota Serang. Gamifikasi adalah metode pembelajaran yang mengintegrasikan elemen permainan seperti poin, medali, dan tantangan untuk meningkatkan partisipasi aktif dan semangat belajar siswa. Di tingkat pendidikan menengah, pendekatan ini dapat berkontribusi pada peningkatan keterampilan seperti kerja sama, kreativitas, dan tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan gamifikasi memiliki efek positif pada partisipasi siswa dalam aktivitas belajar dan pengembangan diri. Siswa menunjukkan motivasi yang lebih tinggi untuk terlibat dan mengalami kemajuan dalam hal kepercayaan diri, komunikasi, serta manajemen waktu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...