Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Pembelajaran Agama Inklusif pada Anak Usia Dini di TK Bunga Pandan Batubara

Nisya, Khairun (Unknown)
Rahman, Mhd. Habibu (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran agama inklusif pada anak usia dini di TK Bunga Pandan Batubara serta dampaknya terhadap perkembangan karakter sosial dan spiritual anak. Pendekatan pembelajaran agama inklusif berfokus pada penanaman nilai-nilai moral universal seperti kasih sayang, kejujuran, toleransi, sopan santun, dan tolong-menolong, tanpa mengedepankan dogma agama tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran agama di TK Bunga Pandan dilaksanakan secara kontekstual, menyenangkan, dan inklusif melalui berbagai kegiatan seperti bercerita, bermain peran, diskusi sederhana, dan aktivitas kelompok. Guru berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang menghargai perbedaan serta membimbing anak dengan keteladanan. Anak-anak menunjukkan perkembangan positif dalam interaksi sosial, empati, dan sikap toleran terhadap teman yang berbeda latar belakang. Pembelajaran agama inklusif terbukti efektif membentuk dasar karakter spiritual dan sosial anak sejak dini serta relevan diterapkan di lingkungan pendidikan anak usia dini yang beragam. Penelitian ini merekomendasikan agar pendekatan serupa diterapkan secara luas dalam sistem pendidikan PAUD di masyarakat multikultural.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...