Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Menggunakan Model Problem Solving Siswa Kelas VII UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli Alo’oa

Gulo, Necis Putra (Unknown)
Riana, Riana (Unknown)
Halawa, Noibe (Unknown)
Waruwu, Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli Alo’oa, menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita menggunakan model Problem Solving peserta didik kelas VII UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli Alo’oa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 4 tahapan yakni 1)Perencanaan, 2)Tindakan, 3)Observasi, 4)Refleksi. Pada penelitian ini di laksanakan sebanyak 2 siklus. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan pertama hasil observasi peserta didik yang aktif 45%, yang tidak aktif 55% dan pertemuan kedua yang aktif  63,31%, yang tidak aktif 36,68%. Sedangkan, pada siklus II pertemuan pertama hasil observasi peserta didik yang aktif 79,06, yang tidak aktif 20,93% dan pertemuan kedua yang aktif 94,25%, yang tidak aktif 5,75%. Pada siklus I pertemuan pertama hasil  observasi peneliti yang terlaksana 43,75%, yang tidak terlaksana 56,25% dan pertemuan kedua yang terlaksana 75%, yang terlaksana 25%. Sedangkan, pada siklus II hasil  observasi peneliti pertemuan pertama yang terlaksana 81,25%, yang tidak terlaksana 18,75% dan pertemuan kedua yang terlaksana 93,75%, yang tidak terlaksana 6,25%. Berdasarkan hasil tes mengidentifikasi unsur-unsur teks berita sesuai dengan 5W+1H menggunakan model Problem Solving dapat dilihat dari hasil siklus I memperoleh nilai rata-rata 54,73% berkategori cukup dengan nilai terendah 25 dan nilai tertinggi 83,3. Sedangkan, pada siklus II adanya peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur berita peserta didik memperoleh nilai rata-rata 80,92% berkategori baik dengan nilai terendah 58,3 dan nilai tertinggi 91,6. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita di kelas VII UPTD SMP Negeri 2 Gunugsitoli Alo’oa. Peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran untuk dapat menerapkan model Problem Solving dalam mengajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...