Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Analisis Uji T-Student Dua Sampel Berpasangan dalam Evaluasi Perubahan Individu

Syuhada, Muhammad Nadhif (Unknown)
Risnawati, Risnawati (Unknown)
Hamdani, M. Fikri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perubahan individu sebelum dan sesudah intervensi melalui analisis statistik menggunakan uji t-Student dua sampel berpasangan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest tanpa kelompok kontrol. Subjek penelitian terdiri dari 30 partisipan dewasa berusia 20–30 tahun yang mengikuti pelatihan keterampilan tertentu. Pengumpulan data dilakukan dalam dua tahap, yaitu pre-test dan post-test, dengan instrumen terstandar yang telah divalidasi dan reliabel. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan rerata skor dari 65,40 (SD = 7,21) pada pre-test menjadi 74,10 (SD = 6,85) pada post-test. Uji t-berpasangan menunjukkan nilai t(29) = -6,782 dengan p < 0,001, yang mengindikasikan perbedaan yang signifikan secara statistik. Temuan ini menunjukkan bahwa intervensi yang diberikan memberikan dampak nyata terhadap perubahan individu. Secara praktis, penggunaan uji t-berpasangan efektif dalam mengevaluasi perubahan intra-subjek dalam desain tanpa kelompok kontrol. Namun, keterbatasan studi seperti ukuran sampel kecil dan potensi bias desain menjadi catatan penting. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan desain eksperimental yang lebih kuat serta mempertimbangkan pendekatan non-parametrik jika asumsi statistik tidak terpenuhi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...