Indonesian Research Journal on Education
Vol. 3 No. 3 (2023): irje 2023

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Model PredictObserve-Explain Siswa Sekolah Dasar

Surya, Yenni Fitra (Unknown)
Sumianto, Sumianto (Unknown)
Aprinawati, Iis (Unknown)
Amin, Al (Unknown)
Putra, Ardi (Unknown)
Armiswati, Armiswati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2023

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah suatu kemampuan berpikir yang dimiliki seseorang untuk memecahkan, mengambil keputusan dan menganalisis suatu masalah berdasarkan informasih yang diperolehnya. Tujuan dari Penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana hasil pelaksanaan model pembelajaran predict observe explain  dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SD Negeri 012 Gading Sari dikarenakan kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Penelitian ini  menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PTK adalah bentuk penelitian yang dilakukan didalam kelas berupa tindakan tertentu yang dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaraan guna meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dari sebelumnya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil tindakan antar siklus menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran pembelajaran predict observe explain  dari tahap pratindakan 35%. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran pembelajaran predict observe explain  juga terjadi dari tahap siklus 1 ke tahap siklus 2 sebesar 87%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...