Studi ini memiliki tujuan untuk menganalisis peranan guru dalam mengatasi kesulitan pembelajaran yang dihadapi oleh siswa kelas III di SDN 6 Palembang. Masalah pembelajaran di tingkat sekolah dasar masih merupakan rintangan yang nyata, Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor dari dalam diri siswa maupun lingkungan sekitar yang berdampak pada prestasi akademik dan kesejahteraan mereka. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan cara mengumpulkan informasi melalui pengamatan, interaksi wawancara, dan pengumpulan dokumen. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa pengajar memiliki peranan yang sangat penting dalam mengidentifikasi tantangan dalam belajar, menerapkan metode pengajaran yang fleksibel, serta memberikan dukungan dan bimbingan emosional kepada para siswa. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan profesional bagi guru dan kerjasama dengan orang tua untuk meningkatkan efektivitas strategi dalam menghadapi kesulitan dalam hal belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025