Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas III SDN 6 Palembang

Harani, Eci Wiwa (Unknown)
Imansyah, Farizal (Unknown)
Pratama, Aldora (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Studi ini memiliki tujuan untuk menganalisis peranan guru dalam mengatasi kesulitan pembelajaran yang dihadapi oleh siswa kelas III di SDN 6 Palembang. Masalah pembelajaran di tingkat sekolah dasar masih merupakan rintangan yang nyata, Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor dari dalam diri siswa maupun lingkungan sekitar yang berdampak pada prestasi akademik dan kesejahteraan mereka. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan cara mengumpulkan informasi melalui pengamatan, interaksi wawancara, dan pengumpulan dokumen. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa pengajar memiliki peranan yang sangat penting dalam mengidentifikasi tantangan dalam belajar, menerapkan metode pengajaran yang fleksibel, serta memberikan dukungan dan bimbingan emosional kepada para siswa. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan profesional bagi guru dan kerjasama dengan orang tua untuk meningkatkan efektivitas strategi dalam menghadapi kesulitan dalam hal belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...