Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur bagaimana efektivitas LKPD berbasis PjBL terintegrasi kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi bioteknologi Fase E SMAN 2 Lubuk Alung. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas X fase E SMAN 2 Lubuk Alung. Sampel penelitian ini adalah kelas X E1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X E2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpukan melalui instrumen tes essay yang diberikan dalam bentuk pretest dan posttest. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homgenitas dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 2-tailed < 0.05 yaitu 0.01. Dapat disimpulkan LKPD berbasis PjBL terintegrasi kearifan lokal terbukti efektif dlam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi bioteknologi fase E SMAN 2 Lubuk Alung.
Copyrights © 2025