Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 3 Nomor 4 (April 2025

Pemanfaatan Media Canva Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di SMK Negeri 8 Palu: Penelitian

Sukmawati Sukmawati (Unknown)
Jamaludin (Unknown)
Shofia Nurun Alanur (Unknown)
Nurlia s. lompong (Unknown)
Gita purnamasari (Unknown)
Arianti (Unknown)
Sumarni (Unknown)
Nirma (Unknown)
Adheleydhe Tandayu (Unknown)
Dellawati Appulembang (Unknown)
Adril (Unknown)
Moh.Rusli (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media Canva dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di SMK Negeri 8 Palu. Motivasi belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Dengan menggunakan media Canva, diharapkan siswa dapat lebih tertarik dan termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan 85% pada siswa setelah menggunakan media tersebut. Penelitian ini mengindikasikan bahwa pemanfaatan media Canva dapat menjadi salah satu strategi efektif untuk meningkatkan semangat dan minat belajar siswa di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Canva secara signifikan meningkatkan minat dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih antusias dan termotivasi dan interaktif. Dengan demikian, media Canva dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di lingkungan sekolah kejuruan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...