Pengambilan keputusan strategis yang efektif sangat penting bagi lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang dinamis di era digital. Teknologi informasi (TI) telah menjadi salah satu komponen utama yang dapat mendukung proses pengambilan keputusan berbasis data secara lebih cepat, akurat, dan terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran TI dalam mendukung pengambilan keputusan strategis di lembaga pendidikan berdasarkan kajian sistematis terhadap literatur ilmiah terbitan tahun 2020 hingga 2025. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PRISMA dan analisis sintesis tematik. Hasil kajian menunjukkan bahwa TI memainkan peran penting dalam empat aspek utama: perencanaan strategis, pengumpulan dan analisis data, komunikasi dan koordinasi kebijakan, serta efektivitas keputusan manajerial. Namun, penerapan TI juga menghadapi tantangan seperti kesiapan infrastruktur, literasi digital, dan keterbatasan sumber daya. Kajian ini memberikan kontribusi dalam memahami bagaimana TI dapat dioptimalkan untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih efisien dan berbasis bukti di lingkungan pendidikan.
Copyrights © 2025