Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, kemudian apa saja faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dan apa saja solusi yang ditawarkan bagi guru dalam mengatasi permasalahan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Inpres 2 Lanta. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap guru yang mengajar dan berpengalaman di SDN Inpres 2 Lambu. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru dapat melakukan banyak hal, seperti memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, dan memberikan penghargaan atau apresiasi atas usaha dan prestasi siswa. Dengan metode yang tepat, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan menyenangkan sehingga siswa lebih termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam pendidikan. Namun, guru menghadapi banyak tantangan ketika melakukannya. Di antaranya adalah kurangnya sarana dan prasarana sekolah, rendahnya minat belajar dari siswa sendiri, dan dampak dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar yang kurang mendukung. Melengkapi sarana belajar yang memadai, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan, serta menyelenggarakan evaluasi pembelajaran secara berkala untuk memantau dan mengendalikan hasil belajar siswa merupakan cara mengatasi permasalahan tersebut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025